Tutor singkat bikin PCB ala hotprint (setrika)

Tutor singkat bikin PCB ala hotprint (setrika)

Petunjuk Penggunaan Press-n-Peel

1. Bersihkan dan gosok permukaan tembaga PCB polos dengan kain atau kertas gosok #00 ( paling halus ) untuk menghilangkan oksidasi dan minyak. Agar lebih bersih lagi, PCB bisa dicelupkan ke larutan etching ( Ferit Chlorit ) selama 30 detik. Cara ini membuat proses transfer gambar layout ke PCB lebih baik.

2. PnP Blue hanya dapat digunakan pada Printer Laser dan Foto copy Xerox.
Untuk menghasilkan gambar layout dapat digunakan program Paint atau CAD yang ada (seperti AutoCAD, Protel, OrCAD, dll) Layout dari majalah atau hasil cetak printer dot matriks harus difoto-copy terlebih dahulu. Mesin atau printer harus diset sehitam mungkin, namun tidak menimbulkan bayangan hitam pada bagian yang kosong ( tidak ada gambar ).

3. Jalur rangkaian harus dicetak hitam, dan bagian kosong ( tidak ada jalur ) dicetak putih. Pastikan gambar layout yang dihasilkan nampak seperti kita melihat PCB dari sisi komponen. Jadi tulisan yang ada pada sisi solder nampak terbalik. Gambar layout dicetak pada sisi emulsi PnP ( sisi buram )

4. Bila gambar layout telah siap, letakkan PnP pada mesin copy/printer seperti kertas biasa. Pada beberapa mesin copy/printer mungkin diperlukan sehelai kertas untuk alas PnP.

5. Gunting bagian bergambar dan lebihkan minimum 1 cm pada kelilingnya. Siapkan PCB polos yang telah dibersihkan. Letakkan PnP dengan sisi bergambar ( sisi muka film ) menempel pada sisi tembaga PCB. Siapkan setrika untuk menempelkan PnP pada PCB. Setting temperatur setrika tergantung pada tipe toner mesin copy atau laser yang digunakan. Sebagai permulaan, mulailah dengan temperatur rendah.

6. Letakkan PCB dengan film PnP nya di atas permukaan kayu atau bahan isolator lainnya. Perlahan-lahan gosokkan setrika panas pada bagian belakang film, mulailah dari ujung dulu sampai menempel. Teruskan menggosok dengan gerakan melingkar dan mengarah keluar, sampai film benar-benar menempel, kurang lebih 4~5 menit. Semakin luas permukaan, semakin lama waktu yang dibutuhkan. Untuk mengurangi gesekan, bisa diletakkan sehelai kertas diantara setrika dan film PnP.

7. Gambar akan tampak semakin jelas. Pastikan menyetrika seluruh permukaan secara merata dengan temperatur yang konstan.

8. Dinginkan PCB dan PnP pada air dingin yang mengalir. Lepaskan film perlahan-lahan dari PCB. Atau rendam PCB dan PnP pada bak berisi air selama kurang lebih 3 menit. Film akan lepas dengan sendirinya.

9. Bila ada bagian yang tidak diinginkan muncul pada PCB, tempelkan selotip pada bagian tsb, lalu tarik lepas. Cuci dengan air dingin hingga bersih.
 
10. Bila ada jalur-jalur yang putus atau hilang, gunakan spidol khusus ( tahan air ) untuk mengkoreksinya.

11. Proses etching bisa dimulai.
Letakkan PCB pada bak berisi larutan Ferit Chlorit, goyang bak perlahan-lahan sampai tinggal jalur tembaga yang diinginkan. Kemudian gunakan tiner atau kertas gosok #00( gosok dengan air mengalir ) untuk menghilangkan resist. Sebaiknya resist baru dihilangkan apabila PCB sudah siap dipakai, karena lapisan resist PnP ini melindungi PCB dari oksidasi.

TIPS
• Kualitas toner sangat menentukan hasil akhir, karena itu gunakan toner berkualitas baik.
• Untuk pemula, cobalah membuat PCB dengan ukuran kecil, untuk menentukan temperatur setrika yang tepat.

Barang kali anda memilih cara yang ini
Nyablon layout pcb menggunakan lotion anti nyamuk lebih mudah, murah dan hasilnya OK! juga simpel karena:
1. Tidak harus pakai kertas photo, kertas kalender atau kertas lain yg harganya lbih dari 150rp/Lembar.
2. Tidak harus pakai printer laser jet.
3. Tidak harus membuat screen sablon yg biayanya tdk murah.
4. Tidak harus pakai setrika yg menggunakan daya listrik yg cukup besar.
5. Dll, dsb, dst.
Alat dan bahan:
1. Pcb polos
2. Photo copy layout pcb pada kertas hvs 70gr (Jangan photo copy menggunakan printer scaner)
3. Lotion anti nyamuk (Autan/Soffel)
4. Cairan fero clorite
5. Plastik transparan (Plastik utk jilid) / Plastik mika
7. Uang koin 500
Cara menyablon:
1. Potong pcb sesuai ukuran layout pcb, potong kertas layout pcb lebih lebar 3-5cm dari layout pcb, tempelkan kertas layout pada pcb (Photo copy layout menghadap permukaan pcb yg ada tembaganya) dan sesuaikan posisinya, lipat ujung kertas yg sudah ditempelkan ke bagian belakang pcb, rekatkan dgn isolasi bening agar kertas tidak bergeser.
2. Tuangkan lotion anti nyamuk secukupnya diatas piring, beri sedikit air agar tidak terlalu kental.
3. Oleskan lotion anti nyamuk pada bagian luar kertas layout yg sdh ditempelkan di pcb sampai merata.
4. Tutup kertas yg sdh diolesi lotion anti nyamuk dgn pelastik transparan.
5. Gosok layout yg sdh diolesi lotion anti nyamuk menggunakan uang koin sampai merata, yg digosok plastik transparannya, plastik transparan berguna untuk menghindari kertas sobek saat proses penggosokan dgn koin, gosok 2-3 menit atau sampai kertas kering.
6. Setelah kering rendam dlm air dingin sampai kertas menjadi lunak, gosok kertas secara perlahan menggunakan ibu jari agar kertas bisa lepas dari pcb, periksa layout yg sdh menempel di pcb, jika ada jalur yg tipis tebalkan menggunakan spidol permanent, bersihkan sisa kertas di luar jalur pcb agar proses pelarutan bisa lebih cepat.
7. Larutkan dlm cairan fero clorite seperti biasanya.
8. SELAMAT MENCOBA...

Tidak ada komentar: