Apakah perbedaan karakter Resistor kapur 5watt. Untuk #0.5 #0.47 #0.33 #0.22.

Karakter Resistor kapur 5watt.
Untuk #0.5 #0.47 #0.33 #0.22. adalah

Resistor pada pada kaki-kaki transistor power biasanya bernilai 0.5 ohm 5 Watt berbentuk kotak putih. Jika kita bongkar dalamannya maka terlihat ada kawat alumunium yang melingkar. Ini menyerupai induktor, reaktansi induktif pada induktor akan tinggi jika dialiri sinya berfrekuensi tinggi sehingga nada treble akan melemah dan cacat. Tetapi seringnya ini diharapkan untuk melemahkan cacatnya treble. Daya yang diperlukan untuk mengeluarkan nada tinggi (treble) tentu lebih besar, masalah ada di sini. Penggunaan R 0.5/5W pada power amplifier rumahan its ok-ok saja. Tetapi sering tidak disadari penyebab rusaknya speaker dan power amplifier adalah tingginya nada treble. Treble tidak keluar tetapi dihantam oleh pwr amp sehingga yang timbul adalah panas dan rusak. Sebaiknya gunakan resistor 2 Watt biasa 0.47 – 1 ohm parallel 2 sehingga terhitung 4 Watt. Atau jika menggunakan Resitor 0.22 ohm 2 Watt tidak perlu diparalel karena tegangan jepit cukup setengahnya (satu R 0.5/5W diganti satu R 0.22/2W) its ok
ada pendapat lain
Pemakaian R 0,47 tuk rumahan oke2 aja, namun tuk outdor disuruh make 2watt 0,22. Padahal yg sering saya alami pada kasus suara serak/tidak bersih adalah pada speker aktif yg R kapurnya pake 0,47. Ketika saya ganti 0,5 langsung cling. Namun saya terangkan, bahwa tidak semua semata2 dari pemakaian 0,47. Tapi yg saya alami sering dari pemakaian R 0,47.

13 komentar:

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ach.choirul mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Makasih ilmunya om master

Unknown mengatakan...

Kabel output speaker aktif saya habis konslet karena terhubung groud berakibat resistor basis terbakar,setelah saya ganti baru masih terbakar lagi,tr final 2sd313 saya ganti sekalian,masih terbakar,kira kira bagian mana lagi bos yg perlu saya curigai?

Unknown mengatakan...

Sebaiknya R kapurnya bgus pky ukuran berapa mater

Saipul mengatakan...

Saya lagi memperbaiki amplifier toa mesjid,r kapur dgn nilai 5w0.1ohm hangus,,bisa kah di ganti dgn yg lain,karna di toko daerah sy type ini kosong🙏,,atas jawaban nya sy ucapkan trma kasih

Unknown mengatakan...

Permisi gan..Untuk karakter bass luar yang bagus pakai rasistor kapur ukuran berapa ya?

Unknown mengatakan...

Coba ganti tr fas dengan tip41 atau tip 31 apa bd39 juga bisa biasanya tr fas bocor atau koslet

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum gan pengaruh kah untuk karakter swara saya pake 0.22 ohm

Anonim mengatakan...

Maaf numpang nanya, hambatan R kapur 0,5 sampai 0,47ohm 5watt. Yang jadi pertanyaanya,, semakin besar nilai ohm.. semakin apa?
Trima kasih

Anonim mengatakan...

fungsi dari watt atau kapasitas r kapur 0,33 apa

Anonim mengatakan...

Menahan panas

Anonim mengatakan...

Memghambat arus keluar